Langsung ke konten utama

Buya Syafii Maarif: Jangan Memperalat Tuhan untuk Tujuan Pragmatis Politik

Buya Syafii Maarif: Jangan Memperalat Tuhan kepada Tujuan Pragmatis
Politik
. Kamu mesti sering belajar kepada mendapatkan banyak pengetahuan. Disini mau berbagi kepada kalian yang suka pada keterangan terkini, semoga bisa menjadikan kamu mendapatkan pilihan termulia intern membaca share terbaru.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005, Prof Ahmad Syafii Maarif mengingatkan para politisi yang bertarung intern pesta demokrasi agar tiada mencatut atau ‘memaksa’ Tuhan kepada berpihak pada tujuan politik sesaat. Termasuk tiada mempergunakan ayat-ayat kitab suci kepada saling menjatuhkan atau membela kepentingan politik tertentu.
“Kalau memperalat Tuhan kepada tujuan politik yang kotor itu tiada bisa dibenarkan. Sepanjang sejarah demokrasi kita, ayat Quran, Tuhan dibajak oleh politisi-politisi yang tiada mau naik kelas selaku negarawan. Seperti dipaksa Tuhan berpihak kepadanya,” kata Syafii Maarif saat dimintai tanggapan soal kegaduhan pernyataan Ahok terkait Surat Al Maidah:51 pada acara program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan salah satu TV swasta, bertajuk “Setelah Ahok Minta Maaf” , Selasa (11/10).
Buya Syafii tiada melarang sama sekali para politisi kepada mengutip ayat. Namun hendaknya tiada mempergunakan ayat kitab suci kepada tujuan yang kotor. “Ini (mengutip ayat) boleh jadi bisa dipahami. Tapi kalau ini hanya kepada sekadar membela kepentingan politik sesaat, ini yang merusak kita. Merusak demokrasi yang sudah kita bangun selama 18 tahun,” tutur Buya Syafii.
Para politisi, kata Buya seharusnya memikirkan nasib rakyat yang masih mengalami kesenjangan di berbagai daerah. Bukan hanya memikirkan diri sendiri atau kelompoknya pada mempergunakan segala macam cara, juga menggunakan kitab suci. “Berbuat sesuatu kepada kepentingan rakyat, jangan omong, tapi tindakan,” imbau Syafii Maarif.
Guru bangsa itu mengajak segenap elemen bangsa, khususnya para politisi, kepada makin peduli pada kepentingan rakyat yang makin luas atau tujuan jangka panjang. “Suatu tujuan demokrasi yang ideal masih sulit karena kualitas politisi kita masih jauh dari ideal. Tapi paling tiada kalau kita mencintai bangsa ini, terkapar intern perjalanan, mari kita perbaiki diri. Jangan berbohong,” katanya.
Kebrobrokan politik Indonesia, menurut Buya juga dipengaruhi oleh kualitas atau dayamuat politisi serta banyaknya praktek politik transaksional kepada tujuan-tujuan pragmatis. “Politik uang kita luar biasa. Itu sudah selaku rahasia umum, semua orang tahu. Imbauan aku tiada cukup. Tapi mari kita dari niat hati yang baik, mengubah diri kepada memperbaiki keadaan,” tukas Buya Syafii.
Dalam kesempatan itu, Buya Syafii berharap semua pihak kepada tiada memperpanjang kegaduhan terkait ucapan Gubernur DKI Jakarta Ahok soal surat Al-Maidah ayat 51 saat berdialog pada warga Kepulauan Seribu. “Ahok sudah minta maaf, kalo sudah minta maaf yah diselesaikan saja. Dan aku rasa Ahok bukan orang jahat lah. Diselesaikan pada baiklah pada fair tanpa ada kampanye hitam” ucap Buya Syafii Maarif
Sumber : metroislam.com

Source Article and Picture : www.wartaislami.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aswaja Itu Moderat, Seimbang dan Toleran

Aswaja Itu Moderat, Seimbang serta Toleran . Kamu wajib sering belajar buat mendapatkan banyak pengetahuan. Disini mau berbagi kepada kalian yang suka seraya penjelasan terkini, semoga bisa menjadikan kamu mendapatkan pilihan terpilih internal membaca share terbaru. Wartaislami.com ~ Hanya berselang sehari sesudah Presiden Jokowi memberikan arahan khusus kepada Kapolri buat menindak pelaku intoleransi, sejumlah aksi pembubaran paksa terjadi di sejumlah titik di tanah tirta. “Sehari sesudah pernyataan itu, pada 1 April, kegiatan keagamaan pengikut Syiah di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur diserang serta dibubarkan paksa oleh organisasi masyarakat yang menyebut diri seperti Ormas Aswaja,” kata Ketua Setara Institute Hendardi di Jakarta, Senin (4/4). Seperti diberitakan sebelumnya, sekelompok warga di Bangil, Pasuruan, membubarkan paksa peringatan Milad Putri Nabi Muhammad saw, Fatimah Azzahra, yang diadakan di Islamic Women Centre, Bangil, Jumat (1/4). Dua hari kemudian, ribuan massa yang me

10 Manfaat Surat Yasin Bagi yang Membacanya

10 Manfaat Surat Yasin Bagi yang Membacanya . Kamu mesti sering belajar buat mendapatkan banyak pengetahuan. Disini mau berbagi kepada kalian yang suka untuk penjelasan terkini, semoga bisa menjadikan kamu mendapatkan pilihan utama intern membaca share terbaru. Wartaislami.com ~ Surah Yasin, merupakan salah satu surat yang terdapat di intern Al-Quran yang merupakan kitab suci serta pegangan utama dari umat Muslim di seluruh dunia. Yasin sendiri merupakan surah ke – 36 intern Al-Quran, serta terdiri dari 83 ayat. Banyak yang menganggap bahwa surah Yasin merupakan salah satu surat yang terpenting di intern Al-Quran karena dianggap selaku jantung dari Al-Quran itu sendiri. Biasanya surah Yasin dibacakan pada malam Jumat atau ketika seseorang berada pada kondisi sakratul maut atau ketika menghormati seseorang yang sudah meninggal. Yasin merupakan suraat intern Al-Quran yang paling sering dibaca serta dikumandangkan karena konon punya banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat Surah Yasin? Ber

Amalan Wirid Sholawat Untuk Wasilah Segala Hajat (Rizki-Pekerjaan dll )

Amalan Wirid Sholawat Untuk Wasilah Segala Hajat (Rizki-Pekerjaan dll ) . Kamu pantas sering belajar buat mendapatkan banyak pengetahuan. Disini mau berbagi kepada kalian yang suka lewat berita terkini, semoga bisa menjadikan kamu mendapatkan pilihan jempolan internal membaca share terbaru.Wirid Shalawat Nabi - Tidak diragukan lagi bahwa membaca solawat nabi merupakan suatu amalan yang mengantongi asrar (rahasia) serta anwar, mengantongi banyak karomah, fadhilah serta barokah. Mungkin kamu mendengar amalan sholawat Nariyah 4444x ? ya, kamu pernah mendengarnya. Setengah dari pada keutamaan khataman 4444x itu sepantasnya tercapainya hajat serta maksud tujuan. Mungkin porsi kita yang awam ini terlalu susah buat mngkhatamkannya walaupun ia bisa dicicil selama satu minggu. Saya pernah mendengar ceramah seorang ustad yang mengamalkan sholawat 4444x. amalan ia dilakoninya selesai solat subuh, tetapi solawat yg dibacanya bukan solawat nariah/tarjifiyah/kamilah, solawat yg dibacanya sepantasnya